Manfaat Tumbuhan dan Hewan「American gambling」 Terhadap Kehidupan Manusia

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Judi online malaysia

DilAmeAmerican gamblingrican gamblingamerican gamblingansir dari sitAmerican gamblingus resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, beberapa manfaat hewan untuk manusia sebagai berikut:

Hewan-hewan yang jinak bisa juga dijadikan sebagai hewan peliharaan, salah satunya sebagai teman. Sehingga dapat menghilangkan stress jika ada hewan peliharaan di rumah.

Akar bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti singkong dan wortel. Bisa juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan seperti ginseng dan akar alang-alang.

Sumber daya tersebut merupakan tumbuhan dan hewan yang dibutuhkan oleh manusia. Lalu, apa saja manfaat tumbuhan dan hewan terhadap manusia?

Selain itu, tumbuhan juga dapat menghasilkan bahan makanan untuk dikonsumsi manusia. Setiap bagian dari tumbuhan bisa dimanfaatkan lho, di antaranya:

KOMPAS.com - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan peraian yang sangat luas.

Tak hanya sebagai bahan bangunan, batang tumbuhan juga bisa dijadikan bahan makanan seperti ubi jalar, kentang, dan ubi jalar.

Karena salah satu manfaat tumbuhan dapat menyerap gas beracun. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyediakan oksigen (O2) yang dibutuhkan manusia untuk benafas.

Baca juga: Pentingnya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Hampir semua tumbuhan yang menghasilkan buah dapat dikonsumsi, seperti jeruk, pepaya, semangka, rambutan, apel, anggur, dan masih banyak lainnya. Dapat langsung dimakan atau diolah menjadi salad buah atau manisan buah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Untuk beberapa hewan yang memiliki bulu cukup lebat dapat dimanfaatkan sebagai pakaian. Atau bulu ayam yang bisa dimanfaatkan sebagai kemoceng.

Manusia dapat memanfaatkan daging dari hewan sebagai salah satu makanannya, misalnya ayam, sapi, dan kambing. Hal ini karena daging menjadi protein yang dibutuhkan dalam tubuh.

Dengan kondisi tersebut, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang berkembang.

Tumbuhan yang menghasilkan bunga tentu akan dimanfaatkan sebagai hiasan rumah atau mempercantik halaman rumah. Dapat juga untuk menambah kesegaran rumah sehingga udara-udara di sekitar rumah lebih nampak sejuk dan segar.

Tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya masuk dalam kategori sayuran, seperti kol, bayam, sawi, kangkung, dan masih banyak lainnya. Ada juga yang dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, yaitu kemangi dan pandan.

Baca juga: Contoh Tumbuhan Xerofit

Dilansir dari buku Tumbuhan Menjadikan Udara Sejuk (2007) karya Sukirman dan teman-teman, tumbuhan mampu menyejukkan udara di sekitar kita.

Adanya hewan juga bisa dimanfaatkan sebagai penghasil tenaga, salah satunya kerbau. Sampai saat ini kerbau masih digunakan petani untuk membantu membajak sawah.

Baca juga: Penyebab Kepunahan Hewan dan Tumbuhan

Batang dari beberapa tumbuhan biasanya digunakan untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, dan bahan kerajinan. Tumbuhan yang dimanfaatkan biasanya batang phon jati, pohon kelapa, dan pohon mahoni.