Contoh Keberagaman di Rumah d「Indonesian Football」an Cara Menyikapinya

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Judi online malaysia

LIndonesiIndonesian Footballan Footballatar belaIndonesian FootballIndonesian Footballkang itu meliputi usia, jenis kelamin, ras, etnis, agama, Indonesian Footballorientasi seksual, kehidupan sosial, kemampuan ekonomi, pendidikan, pengalaman, ciri fisik, dan masih banyak lagi. Adanya perbedaan ini membuat masyarakat semakin beragam dan unik.

Dalam lingkungan rumah, keberagaman jenis kelamin menjadi bentuk keberagaman yang paling sering ditemui. Misalnya ayah berjenis kelamin laki-laki, ibu berjenis kelamin perempuan, adik berjenis kelamin laki-laki, kakak berjenis kelamin perempuan, dan seterusnya.

Baca juga: Keberagaman Sosial Budaya dan Masalahnya

Cara menyikapinya: saling menghargai, menghormati, tidak mengganggu ketika saudara sedang belajar, dan membantu mengerjakan PR.

Cara menyikapinya: saling menghargai, menghormati, dan menerapkan hak serta kewajiban yang setara. Contohnya antara anak laki-laki dan perempuan, keduanya mempunyai kewajiban yang sama untuk membantu membersihkan rumah.

Tidak hanya di masyarakat atau sekolah, lingkungan rumah juga mempunyai banyak contoh keberagaman. Berikut contoh keberagaman yang ada di rumah dan cara menyikapi perbedaan tersebut:

Keanekaragaman ini sudah seharusnya dijadikan dasar bagi masyarakatnya untuk hidup bertoleransi dan mempunyai tenggang rasa. Sikap seperti ini bisa dipelajari dari lingkungan terdekat kita, yakni rumah.

Dalam lingkungan rumah, keberagaman warna kulit juga sering terjadi. Keberagaman ini bisa jadi disebabkan oleh adanya perbedaan gen atau penyebab lainnya.

Baca juga: Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa

contoh-contoh keberagaman yang ada di rumahmu dan ceritakan juga cara menyikapi perbedaan tersebut

Cara menyikapinya: saling menghargai, menghormati, tidak membuat lelucon atau mengejek, dan tidak melakukan diskriminasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Menurut Ali Chaerudin, dkk, dalam buku Sumber Daya Manusia: Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi (2020), keberagaman dalam bahasa Inggris disebut diversity. Adalah kondisi masyarakat atau kelompok orang yang terdiri atas berbagai latar belakang berbeda.

Dalam lingkungan rumah, keberagaman pendidikan juga sering ditemui. Contohnya ayah lulusan S1, ibu lulusan S1, adik masih belajar di SD, kakak sedang menempuh kuliah, dan seterusnya.

Dikutip dari buku Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia (2009) karya Kusnanto, bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman suku, budaya, bahasa, adat istiadat, status sosial, agama, dan lain sebagainya.

Dalam lingkungan rumah, keberagaman agama sering terjadi. Namun, hal ini tidak seharusnya menjadi pembeda atau pemecah, melainkan mempersatukan ikatan keluarga.

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia sangatlah beragam. Karena berasal dari berbagai suku, agama, dan mempunyai kebudayaan serta bahasa daerahnya masing-masing. Keberagaman ini tidak hanya ada di lingkungan masyarakat, melainkan juga dapat ditemui di rumah.

Cara menyikapinya: saling menghargai, menghormati, tidak membatasi kegiatan beragama, menerapkan sikap toleransi dan tenggang rasa.